Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Dasar Sepak Bola Lengkap dengan Penjelasannya



FAIRPLAY.id - Permainan sepak bola merupakan olahraga yang sudah ada sejak zaman dulu sebelum masehi. Pengertian sepak bola adalah salah satu cabang olahraga yang dimainkan dua tim, dimana kedua tim saling menyerang untuk mencetak gol. Tim dengan gol terbanyak adalah pemenangnya.

Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang penggemarnya sangat banyak dari seluruh dunia. Dalam bermain sepak bola, ada teknik dasar sepak bola dan aturan umum sepak bola yang harus diikuti.

Pemain sepak bola yang hebat tentunya sudah menguasai teknik-teknik dasar sepak bola. Namun apa sajakah teknik dasar permainan sepak bola ini? Berikut ini adalah teknik-teknik dalam permainan sepak bola yang harus Anda latih dan kuasai.

Teknik Dasar Sepak Bola


Ada beberapa teknik dasar sepak bola, diantaranya adalah menendang, mengoper, menggiring, dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan teknik dasar permainan sepak bola berikut ini:

1. Teknik Mengoper Bola



Hal pertama yang dibutuhkan untuk bermain sepak bola adalah mengoper bola atau yang sering disebut passing. Hal ini karena sepak bola merupakan permainan tim, sehingga mengoper bola ini sangat penting.

Untuk mencetak gol ke gawang lawan, penting adanya kerja sama antar anggota tim dan salah satunya adalah dengan saling mengoper. Teknik dasar sepak bola mengoper ini juga ada beberapa jenis, yaitu umpan pendek, umpan lambung, umpan lambung, dan umpan terobosan.

2. Teknik Menghentikan Bola


Teknik yang selanjutnya adalah menghentikan bola. Setelah Anda diberi umpan oleh teman satu tim, Anda harus bisa menghentikan bola tersebut dengan benar. Teknik yang satu ini disebut dengan menghentikan bola tahu stop ball.

Menghentikan bola ini bisa dilakukan dengan seluruh anggota badan kecuali tangan. Khusus untuk kiper, mereka dibolehkan menangkap bola dengan tangan untuk menjaga gawang supaya tidak kebobolan.

3. Teknik Menggiring Bola


Menggiring bola atau dribbling adalah teknik yang tidak kalah penting dengan passing. Menggiring bola merupakan hal yang wajib Anda kuasai dalam permainan sepak bola. Dengan menggiring bola ini Anda bisa mendekat ke pertahanan lawan untuk mencetak gol.

Anda harus memiliki kemampuan khusus dalam teknik ini, selain itu diperlukan kerja keras supaya bisa menguasai teknik menggiring bola. Pemain sepak bola dunia melengkapi dribbling mereka dengan trik-trik menipu lawan supaya bisa membawa bola ke gawang lawan.

4. Teknik Menendang Bola


Teknik yang selanjutnya adalah menendang bola atau shooting. Teknik ini merupakan sebuah teknik penentu dalam permainan sepak bola. Menendang bola ini diarahkan ke gawang lawan dengan tujuan mencetak gol.

Jadi baik tidaknya tendangan seorang pemain sangat berpengaruh terhadap kemenangan suatu tim. Supaya memiliki tendangan yang kencang dan akurat, Anda harus rajin berlatih.

5. Teknik Menyundul Bola


Selain kaki, bagian tubuh yang penting untuk bermain sepak bola adalah kepala. Kepala digunakan untuk menyundul bola yang mana teknik menyundul bola merupakan salah satu teknik dasar sepak bola yang harus Anda kuasai.

Biasanya menyundul bola ini dibarengi dengan lompatan. Karena itulah Anda harus terbiasa menyundul dan melompat secara bersamaan. Teknik menyundul bola ini bisa digunakan untuk mengoper daan mencetak gol.

6. Teknik Merebut Bola


Teknik dasar permainan sepak bola yang selanjutnya adalah merebut bola. Dalam permainan sepak bola, merebut bola juga sering disebut tackle. Tackle ini tidak selalu identik dengan sliding keras, sliding bisa diartikan merebut bola dari lawan, termasuk menggunakan tackle.

Jadi bagaimanapun teknik yang Anda gunakan, jika bisa merebut bola dari lawan maka dinamakan tackle. Pemain yang wajib sekali memiliki teknik ini adalah pemain belakang untuk merebut dan mencegah lawan mencetak gol.

7. Teknik Memotong Umpan


Selain menggunakan tackle untuk mendapatkan bola, Anda juga bisa mendapat bola dengan menghentikan operan lawan. Kemampuan memotong operan lawan disebut dengan intercept. Memotong bola merupakan salah satu teknik dasar sepak bola yang sangat penting karena teknik ini bisa menghentikan serangan lawan. Intercept bisa Anda lakukan menggunakan semua anggota badan kecuali tangan.

8. Teknik Menangkap Bola


Teknik dasar terakhir adalah menangkap bola. Teknik yang satu ini adalah kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap penjaga gawang. Karena tugas dari penjaga gawang atau kiper ini adalah menjaga gawangnya dari tendangan dan sundulan supaya tidak kebobolan.

Oleh karena itulah, seorang penjaga gawang harus bisa menangkap bola yang mengarah ke gawang dengan cermat. Menangkap dengan tangan bola ini hanya boleh dilakukan oleh kiper, jika dilakukan oleh pemain lain selain kiper maka akan melanggar aturan umum sepak bola.

Baca juga: Sejarah Sepak Bola Indonesia, Piala Dunia 1938 dan PSSI

Demikianlah beberapa teknik dasar sepak bola beserta penjelasan singkatnya. Teknik dasar ini sangat penting untuk pemain sepak bola supaya bisa bermain dengan baik di lapangan. Langkah pertama untuk menjadi pemain sepak bola adalah dengan menguasai teknik dasar permainan sepak bola.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

FairPlay.id- Situs Olahraga Terkini di Indonesia

Posting Komentar untuk "Teknik Dasar Sepak Bola Lengkap dengan Penjelasannya"