Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Formasi Sepak Bola Populer di Dunia, Mana yang Terbaik?



FAIRPLAY.id - Formasi sepak bola merupakan salah satu unsur terpenting dalam permainan sepak bola. Formasi ini bisa menentukan suatu tim, apakah tim tersebut akan menang atau kalah dalam pertandingan sepak bola.

Jika sebuah tim menggunakan formasi yang salah, meskipun tim tersebut memiliki banyak pemain hebat dan handal, maka potensi yang ada pada tim tersebut tidak dimaksimalkan ketika bermain. Karena itulah pentingnya formasi sepak bola mempengaruhi hasil akhir pertandingan.

Baca juga: Apa Itu Offside? Ini Pengertian dan Cara Menentukan Offside

Nah supaya tim sepak bola Anda bisa menang dalam pertandingan, Anda bisa gunakan beberapa formasi sepak bola populer dan banyak digunakan oleh klub-klub sepak bola terkenal dunia.

Formasi Sepak Bola Terbaik Dunia


Ada banyak sekali formasi permainan sepak bola, berikut ini adalah beberapa formasi sepak bola yang paling banyak digunakan oleh tim sepak bola terkenal dunia.

1. Formasi 4-4-2


Formasi yang pertama adalah formasi klasik dalam permainan sepak bola. Formasi 4-4-2 ini merupakan formasi yang dinamis dan juga stabil. Kenapa? Karena antara bek, gelandang, dan penyerang memiliki komposisi yang pas dan seimbang.

Pada formasi ini ada 4 bek, 4 pemain tengah dan gelandang, serta 2 pemain penyerang sebagai ujung tombak untuk menciptakan gol. Formasi ini sangat cocok sekali untuk digunakan bermain sepak bola dengan baik. Karena keseimbangan antara bek, tengah, gelandang, dan penyerang sangat pas.

Di tahun 1990-an, Inter Milan dan Italia menguasai Eropa dengan formasi 4-4-2 ini di bawah pelatih Arrigo Sacchi. Dengan formasi ini, Milan bukan cuma baik dalam penyerangan, namun dalam pertahanan pun mereka sangat baik.

2. Formasi 4-3-3




Formasi yang berikutnya ini sangat identik dengan klub terkenal dunia, yaitu Barcelona. Formasi ini digunakan oleh klub asal Spanyol ini yang sudah terkenal akan kehebatannya. Barcelona memakai formasi 4-3-3 kurang lebih selama satu dekade.

Barcelona sekarang ini menjadi klub yang sangat terkenal dan menjadi tim yang disegani dalam dunia sepak bola karena memakai formasi ini. Bukan cuma Barcelona saja, klub lain seperti Chelsea, dan Real Madrid juga memakai formasi ini sebagai salah satu formasi terbaik mereka.

Menurut para pelatih, formasi 4-3-3 ini merupakan salah satu formasi terbaik dan sangat dianjurkan jika para pemain mempunyai kecepatan yang bagus.

3. Formasi 4-3-2-1




Jika dilihat dari formasinya, 4-3-2-1 ini formasi yang lebih condong ke arah pertahanan. Karena itulah formasi 4-3-2-1 merupakan salah satu formasi bertahan sepak bola yang sering digunakan. Seperti yang Anda lihat bahwa pada formasi ini ada 4 pemain bek, 2 gelandang bertahan, 3 gelandang penyerang, dan 1 pemain menjadi penyerang. Kunci kemenangan ketika menggunakan formasi ini adalah melakukan serangan bali. Jadi, dua pemain sayap dan satu penyerang dalam formasi ini akan bekerja sama untuk menyerang balik dan memasukkan bola ke gawang lawan.

Contoh pelatih yang sukses menggunakan formasi ini adalah Jose Mourinho, Bert Van Marwijk, Joachim Loew, dan masih banyak lagi. Jadi, jika ingin memilih pertahanan yang kuat dan mengandalkan serangan bali, Anda bisa menggunakan formasi ini.

4. Formasi 3-5-2


Untuk para pemain sepak bola Italia, formasi 3-5-2 sudah tidak asing lagi. Formasi ini pertama kali diperkenalkan pada Piala Meksiko tahun 1986 oleh Carlos Bilardo dari Argentina dan Franz Beckenbauer dari Jerman.

Ketika formasi ini dikenalkan, banyak terjadi perubahan dalam permainan sepak bola Italia, Formasi ini lebih menekankan tim untuk bermain di bagian tengah. Hal ini karena di bagian tengah dalam formasi ini memiliki 5 pemain sebagai gelandang dan lini tengah.

Kesuksesan yang didapat Argentina pada Piala Dunia 1986 dan Jerman Barat pada tahun 1990 menjadi sebuah revolusi pola fisik dan fitnes dengan menyusulnya formasi 3-5-2 yang digunakan oleh kedua negara tersebut sebagai salah satu formasi mereka.

5. Formasi 4-1-3-2


Formasi sepak bola terakhir yang populer dan banyak digunakan adalah formasi 4-1-3-2. Formasi ini cukup tua dan lebih jarang digunakan dibandingkan keempat formasi yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Namun beberapa kali Pep Guardiola dan Jose Mourinho berhasil menggunakan taktik ini. Selain itu, klub seperti Leicester City, Everton, dan beberapa klub lain juga sering menggunakan formasi ini.

Bisa dikatakan bahwa 4-1-3-2 merupakan formasi menyerang sepak bola. Karena pada formasi ini hanya meninggalkan satu gelandang di belakang untuk membantu empat pemain bertahan yang ada. 

Baca juga: Teknik Dasar Sepak Bola Lengkap dengan Penjelasannya

Demikianlah penjelasan macam-macam formasi sepak bola yang bisa Anda gunakan ketika bertanding sepak bola. Anda bisa menyesuaikan dengan gaya permainan tim Anda, apakah menyerang atau bertahan. Jika menyerang Anda bisa gunakan formasi 4-1-3-2 atau 4-3-2-1 untuk serangan bali dan bertahan. Selain beberapa formasi di atas, masih banyak formasi sepak bola yang lain dan tidak kalah dengan formasi-formasi di atas. Jadi jika Anda merasa belum cocok, Anda bisa cari formasi yang paling sesuai.


Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

FairPlay.id- Situs Olahraga Terkini di Indonesia

Posting Komentar untuk "Formasi Sepak Bola Populer di Dunia, Mana yang Terbaik?"