Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penemu Sepak Bola: Sejarah dan Pencipta Kata Soccer



FAIRPLAY.id - Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak sekali penggemarnya, mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua, baik itu yang laki-laki ataupun perempuan. Sejarah sepak bola penting untuk diketahui, terutama bagi Anda penggemar olahraga tim ini.

Sejarah sepak bola ini juga harus Anda ketahui terutama yang sangat menyukai olahraga ini, supaya anda lebih tahu dari mana asal usul permainan ini, siapa penemu sepak bola, dan informasi lain terkait permainan sepak bola. 

Baca juga: Mengenal Antonin Panenka dan Asal Usul Tendangan Panenka

Nah, untuk mengetahui tentang sepak bola lebih lanjut berikut ini penjelasan tentang sepak bola. Langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Asal Usul Sepak Bola


Jika kita melihat kembali ke belakang, permainan sepak bola sudah dimainkan di beberapa negara seperti Mesir, Tiongkok, Italia. Yang mana pada saat itu bola sepak terbuat dari linen, yaitu pada tahun 2500 sebelum masehi di Mesir.

Bola yang digunakan itu ditambah dengan usus atau kulit supaya mempunyai daya pantul yang lebih baik. Permainan ini juga pernah di Roma, pada saat itu belum ada aturan dan strategi yang digunakan sehingga permainan tersebut jadi berantakan bahkan sampai merenggut nyawa.

Permainan sepak bola mulai masuk Inggris setelah abad ke 14 dan di sana sepak bola menjadi olahraga yang sangat populer. Sepak bola modern berkembang di Inggris dan di tahun 1860 dibuat aturan dalam permainan sepak bola, supaya tidak terjadi kericuhan pada saat pertandingan.

Dibuatnya aturan ini karena pada pertandingan sebelumnya terjadi kericuhan, namun pada saat itu aturan satu tim dengan tim lainnya masih berbeda-beda. Sampai akhirnya pada tahun 1863 beberapa klub di London sepakat untuk membuat aturan permainan sepak bola.

Setelah itu muncul asosiasi sepak bola Inggris yang bernama The Football Association (FA). Mereka menggelar kompetisi sepak bola yang bernama FA Cup untuk pertama kali. Nah, berawal dari beberapa tim yang berkumpul tadi, kemudian peraturan sepak bola menyebar ke negara-negara lain seperti Perancis, Swedia, Spanyol, dan Belanda.

Meski banyak pendapat tentang penemu sepak bola, namun kebanyakan sumber mencatat bahwa Inggris inilah negara penemu sepak bola, yaitu pada tahun 1863. Semakin tahun, penggemar sepak bola ini semakin banyak dari seluruh dunia. Sampai akhirnya muncul sebuah perkumpulan yang berasal dari beberapa negara dan membentuk badan organisasi sepak bola yang skalanya Internasional, organisasi tersebut adalah FIFA.

FIFA (Federation Internationale de Football Association) berdiri pada tanggal 21 Mei 1904 di Paris, Perancis.

Penemu Sepak Bola




Meskipun turnamen sepak bola terbesar di dunia, yaitu Piala Dunia diselenggarakan tahun 1930. Namun ternyata permainan sepakbola ini sudah ada jauh sebelum itu. Ada beberapa pendapat tentang asal usul sepak bola.

Ada yang berpendapat bahwa negara penemu sepak bola adalah Inggris, namun ada juga sebagian orang yang berpendapat bahwa sepak bola berasal dari negara lain. Sedangkan dalam beberapa dokumen, ada yang menyebutkan bahwa sepak bola sudah ada sejak 3000 tahun yang lalu.

Ada juga dokumen yang menyebutkan bahwa penemu permainan sepak bola berasal dari negara Jepang, dimana masyarakat Jepang sudah mengenal sepak bola sejak abad ke-8. Terlepas dari siapa sebenarnya penemu sepak bola pertama kali, FIFA menyatakan bahwa sejarah sepak bola di dunia pertama kali ditemukan di Cina. Yang mana masyarakat Cina menyebut permainan ini dengan nama “Thu-shu”.

Di Cina sendiri permainan Thu-shu sudah dikenal sejak abad ke 2-3 sebelum masehi. Menurut Anda, siapa penemu permainan sepak bola ini? Silahkan komentar di bawah.

Pencipta Kata Soccer




Sepak bola dalam bahasa Inggris disebut dengan Footbal, selain footbal ada juga kata lain untuk melambangkan sepak bola, yaitu “Soccer”. Penemu atau pencipta kata soccer ini adalah seorang mahasiswa asal Oxford yang bernama Wreford-Brown.

Dia menemukan istilah soccer ini ketika ada sekelompok mahasiswa mengajaknya bermain rugby, yang mana pada saat itu disingkat menjadi “rugger”. Nah, pada saat itu Brown ini menolak bermain rugger dan dia memilih untuk bermain soccer. 


Nah mulai pada tahun 1905 inilah istilah soccer mulai lazim digunakan. Selain itu, kecintaan Brown terhadap olahraga soccer ini membuatnya masuk ke timnas Inggris, bahkan sempat menjadi kapten tim sebanyak dua kali, yaitu pada tanggal 1894 dan 1895.

Penggunaaan kata soccer ini sudah mulai jarang digunakan di Inggris. Namun di Amerika Serikat masih sering digunakan untuk membedakan sepak bola dengan rugbi atau biasa disebut American Footbal.

Demikianlah penjelasan tentang penemu sepak bola pertama kali dan sepak bola modern beserta sejarah atau asal usulnya. Semoga informasi di atas membantu Anda untuk memahami lebih jauh tentang permainan sepak bola.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

FairPlay.id- Situs Olahraga Terkini di Indonesia


Posting Komentar untuk "Penemu Sepak Bola: Sejarah dan Pencipta Kata Soccer"